Friday 22 June 2012

Indahnya Sholat Subuh



“Sholat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah sholat isya dan subuh.”( HR.Ahmad)             
“Ketika kami tidak melihat seseorang dalam sholat subuh atau isya , kami langsung berprasangka buruk kepadanya.”(Ibnu Umar)
Pada waktu sholat subuh, coba kalau anda masuk ke dalam mayoritas masjid , anda hanya akan melihat satu shaf, setengah, bahkan lebih sedikit yang terisi yaitu mereka yang punggungnya telah membungkuk, tulang-tulang tubuh nya yang rapuh.
Lantas, kemanakah gerangan para pemuda ketika subuh dilaksanakan? Ke manakah mereka yang telah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang berhak diibadahi selain Allah di waktu ini?Ternyata mereka tidur berselimut, setelah malamnya mereka habiskan waktu untuk begadang dan ngobrol, membicarakan hal-hal yang penuh maksiat kepada Allah dan menyelisihi- Nya. 
Hukum melaksanakan sholat sebelum  pada waktu nya:
Ibnu Qudamah berkata ,” Barangsiapa sholat sebelum masuk waktu, maka sholat nya tidak sah menurut  pendapat mayoritas ulama, baik ia melakukannya secara sengaja atau tidak tahu, baik melaksanakan sebagian atau seluruhnya. 
Keutamaan sholat subuh
“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah  pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Al-Isro’[17] :78) 
Faktor dilapangkannya rezeki
“…beribadahlah kepada Allah dengan berada di tepi ;maka jika memperoleh kebaikan , tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. “(Al-Hajj [22] :11)
Menjaga diri seorang muslim
Wahai para pemuda yang takut dirinya terkena fitnah godaan kaum wanita , yang keluar dari rumah sementara hatinya berdetak kencang  karena khawatir bertemu dengan orang zholim dan khawatir akan bahaya dan perasaan terasing di jalan, serta yang mengkhawatirkan anak-anaknya kelak masuk neraka maka lakukanlah sholat Subuh, perintahkan keluargamu dan bersabarlah dalam melaksanakannya .
Sama dengan sholat malam semalam suntuk
Subhanallah! Setelah menghapus kewajiban sholat malam, Allah tetap menetapkan siapa yang ingin mendapatkan pahala sholat malam semalam suntuk, hendaknya melaksanakan sholat Subuh berjamaah.
Sebagai tolok ukur keimanan
Orang yang mengaku beriman , tidak perlu sulit-sulit membuktikannya .Cukup dengan sholat Subuh untuk mengetahui termasuk jujur atau mendustakan dalam beriman, ataupun beriman di atas keikhlasan atau riya’.
Penyelamat dari neraka
Muslim  dan Imam Ahmad  meriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : “Tidak akan masuk neraka ,orang yang melaksanakan sholat  sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.”
Mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah Yang Mulia
Muslim meriwayatkan bahwasannya Rasulullah bersabda, “Apabila penghuni surga telah memasuki surga. Allah SWT berfirman, ‘Apakah kalian ingin aku beri tambahan ?’Mereka menjawab, ‘Bukankah Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami?Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam surga dan Engkau selamatkan kami dari neraka.Rasulullah melanjutkan,”Kemudian dibukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar daripada melihat Rabb mereka. Inilah tambahan itu.”
Lebih baik daripada dunia seisinya
 “Katakanlah, ‘Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertaqwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun’.”(An-Nisa’[4] 77)
Kiat-kiat memelihara sholat subuh
1.   Tidur lebih awal
Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwasannya Rasulullah membenci tidur sebelum isya dan mengobrol setelahnya .
2. Niat yang tulus dan tekad yang kuat ketika akan tidur
3. Bersungguh-sungguh dalam bersuci dan membaca dzikir sebelum tidur
Coba renungkan dan ucapkanlah doa ini ketika engkau beranjak ke kasurmu :
“Ya Allah, jika Engkau pegang ruhku, maka rahmatilah dia. Dan jika Engkau lepaskan dia, maka berilah dia petunjuk sebagaimana Engkau telah tunjuki hamba-hamba-Mu yang sholih.”
4. Meminta bantuan keluarga dan orang-orang sholih untuk membantu membangunkan dan sholat
5. Menggunakan alat-alat untuk membangunkan
6. Tidak terlalu banyak makan sebelum tidur
7. Tidur di siang hari
8. Memercikkan air di wajah orang yang tidur
9. Menyalakan penerang dan lampu-lampu listrik
10. Jangan sampai salah mempraktikkan sunnah berbaring
Jika salah seorang dari kalian telah sholat(sunah fajar), maka berbaringlah di atas tubuh sebelah kanan.”
                                                            ^_^Selamat mencoba^_^

3 comments: